Faktor Karakteristik Psikologis Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Kebidanan
Abstract
Pendidikan merupakan upaya manusia untuk memperluas cakrawala pengetahuan dalam rangka membentuk nilai,sikap, dan perilaku. Sebagai upaya yang bukan saja membuahkan manfaat yang besar, pendidikan juga merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang sering dirasakan belum memenuhi harapan. Pendidikan memiliki peran strategis menyiapkan generasi berkualitas untuk kepentingan masa depan, bagi setipa orang tua, masyarakat, dan bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan karakteristik psikologis dengan indeks prestasi Kumulatif mahasiswa kebidanan AKBID KBH tahun 2013. Penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah mahasiswa kebidanan berjumlah 31 orang. Di dalam penelitian ini semua populasi dijadikan subjek penelitian (total sampling). Pengolahan data dilakunan analisis chi-square. Hasil disajikan dalam bentuk tabel dan narasi. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa mahasiswa yang memiliki IPK <3,00 adalah 0% dan >3,00 (100%). Sedangkan variabel yang signifikan berhubungan dengan IPK adalah variabel motivasi, sikap dan minat. Saran untuk mehasiswa agar memiliki jadwal belajar harian. Saran untuk institusi pendidikan kiranya dapat mengupayakan pemberian penghargaan berupa piagam atau hadiah kepada mahasiswa yang mendapat nilai IPK terbaik setiap akhir semester tiap tingkat.